TOP

i-Pad Bisa Menyebabkan Insomnia

Perangkat i-Pad memang bukan tablet biasa. Variasi fungsi telah mengelilingi tablet ini seperti browsing, pemutar film, musik, menjalankan Apps dan berfungsi sebagai e-Book reader. Kali ini sebuah masalah timbul lagi, katanya i-Pad bisa menyebabkan insomnia alias penyakit tidak bisa tidur.

Memiliki fungsi sebagai e-Book reader, ternyata memberikan efek buruk. Hal ini ditemukan oleh Frisca Yan-Go, Direktur UCLA Sleep Disorder Center di Santa Monica.

Efek seperti ini tidak ditemukan pada e-Book reader lain seperti Kindly, Nook, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan layar mereka cencerung menstimulasi warna aktual dari kertas buku, sehingga memantulkan cahaya. Oleh karena itu, ia akan terbaca saat digunakan di bawah sinar matahari.

i-Pad bisa menyebabkan insomnia karena teknologi layar sentuh liqui-crystal. Layar semacam ini akan menembakkan cahaya seperti layar komputer dan televisi. Memang fasilitas seperti ini memungkinkan pengguna tetap bisa membaca buku di ruang gelap. Namun ekspos sinar langsung ke mata inilah yang membuat mata menginstruksikan kepada otak untuk tetap terjaga, sehingga kita mengalami insomnia.

Artikel Terkait Tentang:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan bahan analisa bagi Admin. Berikan kritik dan saran yang membangun dan bermanfaat. Teriring do'a, Jazaakumullah Khairan Katsiira. Terima kasih telah membaca artikel ini.