TOP

Mempercepat Loading Blog/Web Ala al-Ly

Kecepatan loading sebuah blog/web merupakan suatu syarat yang harus diperhatikan oleh para bloger. Mempercepat Loading Blog/Web adalah keharusan, dan ini adalah PR sepertinya bagi para bloger. Karena hal ini juga akan sangat berpengaruh kepada SEO, agar para pengunjung atau visitor blog itu sendiri merasa nyaman karena informasi yang dicari dapat mereka dapatkan dengan sangat cepat. Sebab pengalaman saya sendiri, apabila sebuah blog yang berisi informasi yang saya butuhkan, namun ketika blog/web tersebut saya buka tapi terlalu lama loadingnya serasa langsung saya tutup dengan klik tanda (x) di pojok tab atas hehe

Sebenarnya untuk mempercepat loading blog/web ini sudah banyak dibicarakan oleh para master-master bloger, tentunya dengan berbagai metode-metode dan trik-trik yang menarik. Namun, di sini saya hanya sekedar ingin berbagi artikel tentang cara mempercepat loading blog/web ini, ya hanya sebatas kecil pemahaman saya tentang SEO, Optimasi blog, dan lain-lainnya. Karena saya sendiri bukan ahli dalam masalah itu. Dan ini saya tulis berdasarkan cara pemahaman saya pribadi bagaimana cara loading pada blog ini.

Nah, begini pendapat saya tentang cara mempercepat loading blog:

Pertama, Menggunakan template yang sederhana mungkin adalah salah satu usaha yang pertama bisa kita lakukan. Hal ini bisa dilihat pada beberapa blog kepunyaan master-master blog, dimana tampilan blog mereka kalau kita perhatikan cukup sederhana nyaris tanpa pernak-pernik namun tetap indah dan menarik untuk dilihat. Bukan karena mereka tidak tahu bagaimana cara menambahkan pernak-pernik di blog loh! Untuk ini, saran saya silahkan Anda tentukan jenis template pilihan Anda dan kreasikan dengan kreatifitas Anda sendiri. Dengan banyak mencoba maka akan banyak pula yang akan kita ketahui.

Kedua, Perhatikan susunan kode-kode CSS/HTML pada template Anda. Usahakan kode CSS/HTML pada template Anda tertata rapi sedemikian rupa sehingga browser bisa dengan sangat mudah memanggil kode-kode tersebut. Sebagaimana kita sendiri, jika memperhatikan benda-benda berserakan tak beraturan di sekitar kita, akhirnya malas bukan untuk melihatnya? Mungkin begitu juga cara browser me-loading blog kita. Untuk susunan yang baik seperti apa? Saya juga masih mencari-cari dan belajar dalam hal ini hehe..Silahkan minta pencerahan dari para master-master blog yang Anda ketahui.

Ketiga, Hindarkan blog/web Anda dari menggunakan Java Script yang terlalu banyak dan berlebihan. Memang tidak bisa dipungkiri kalau Java Script merupakan salah satu dari sekian pernak-pernik kode pada blog untuk menghias blog kita agar kelihatan menarik dan "impressive" dalam tampilannya. Namun bila dengan tampilan "wah", namun jarang pengunjungnya? Bayangkan sendiri ya. Kode-kode Java Script akan sangat berpengaruh sekali dalam loading blog kita karena browser harus memanggil kode-kode tersebut dari web hosting dimana kode JS tersebut berada. Kecuali kita menempatkannya pada internal-hosting di blog kita sendiri, mungkin ini yang efektif.

Keempat, Dalam mengotak-atik template untuk tampilan blog kita tidak bisa lepas dari comot sana-sini dari trik-trik ataupun tips serta tutorial yang telah dipaparkan di blog lain. Karena tidak semua hal kita tahu dalam hal ini. Apalagi "newbe" dalam dunia bloging, dan tentunya seperti saya yang sebenarnya "nol" dalam pengetahuan tentang blog. Untuk ini jika saya boleh menyarankan, silahkan Anda otak-atik sendiri terlebih dahulu kode-kode tersebut, baik kode CSS atau Java Scriptnya sebelum Anda aplikasikan ke dalam template Anda. Apakah menyalahi aturan? Menurut saya pribadi dalam hal mengotak-atik kode tidak ada salahnya. Jika masih ragu-ragu harap dibaca UU tentang Hak Cipta.

Kelima, Hindarkan link-link kode CSS atau Java Script di blog Anda dengan blog yang lain. Bagaimana caranya? Di sini lah Anda sebagai bloger dituntut memiliki kepiawaian untuk Optimasi Blog dan SEO. Selamat Berkreasi Sobat...

Demikian catatan saya dalam hal Mempercepat Loading Blog. Sekali lagi ini hanya sebagai catatan saya pribadi dan bukan sebuah referensi untuk siapa-siapa. Toh, jika ini bisa diambil manfaatnya ya syukurlah. Salam Bloging.

Artikel Terkait Tentang:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda merupakan bahan analisa bagi Admin. Berikan kritik dan saran yang membangun dan bermanfaat. Teriring do'a, Jazaakumullah Khairan Katsiira. Terima kasih telah membaca artikel ini.